Harga Samsung Galaxy M21 dan Spesifikasi Terbaru

Harga Samsung Galaxy M21 dan Spesifikasi Terbaru

Harga Samsung Galaxy M21 – Kebutuhan pengguna akan ponsel dengan daya tahan baterai yang berjangka panjang sepertinya disadari betul oleh Samsung. Buktinya, awal tahun lalu vendor top global ini luncurkan Galaxy M20. Ponsel mid-range yang hadirkan kapasitas baterai 5.000 mAh. Saat itu belum banyak brand yang berani menawarkan produk terjangkau dengan baterai sebesar itu.

Menginjak bulan ketiga tahun 2020, Samsung meresmikan sang suksesor perangkat tersebut, dalam wujud Galaxy M21. Kapasitas baterainya kini meningkat 10 persen menjadi 6.000 mAh. Lalu, selain baterainya yang jumbo, apalagi hal menarik yang dimiliki oleh smartphone yang lakoni debutnya di India ini?

Tentang Samsung Galaxy M21

Bodi dan Layar

Samsung urung lakukan perombakan khusus pada bodi HP ini. Galaxy M21 nyatanya masih berbahan dasar plastik dengan bahasa desain yang sama serta mengusung display yang dihiasi oleh notch kecil yang menjorok di bagian dahinya. Namun, alih-alih Infinity-V, notch yang dipilih kali ini adalah Infinity-U yang artinya bentuknkya lebih menyerupai huruf “U”. Bobot bodinya kurang lebih sama, 188 gram berbanding 186 gram (Galaxy M20).

Apabila Galaxy M20 masih adopsi panel LCD TFT, penerusnya kali ini lebih istimewa karena sudah dibekali panel sAMOLED pada layar 6,4 incinya. Karateristik panel ini yang cenderung lebih menonjolkan warna yang akurat, vibrant, dengan hitam yang lebih dalam memang sudah kondang di jagat industri telepon seluler. Rasio layarnya tercatat mencapai 91 persen dengan perbandingan 19,5:9 dan tingkat kecerahan hingga 420 nit. Layar Galaxy M21 juga terlindung oleh lapisan Gorilla Glass 3. Komponen ini tidak akan ditemukan pada perangkat generasi sebelumnya.

Kamera

Era kiwari, sebuah ponsel bakal sulit populer jika tidak dibarengi dengan spek kamera yang mumpuni. Untungnya, Galaxy M21 hadir dengan kamera berjumlah tiga lensa. Bertambah satu buah dari sebelumnya. Bukan cuma jumlahnya saja yang berbeda, komposisinya pun bakal lebih memikat hasrat fotografi Anda.

Kamera belakang Galaxy M21 terdiri atas sensor wide 48MP (f/2.0), sensor ultra wide 8MP (f/2.2), dan sensor depth (f/2.2). Anda bisa memanfaatkan sensor 48MP untuk mengabadikan gambar terbaik pada hampir berbagai skenario. Sensor ini juga mendukung perekaman video Slow-Motion atau video 4K dan full HD pada 30fps. Untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas, disiapkan sensor ultra wide berukuran 8MP.

Galaxy M21 juga menempuh lonjakan spesifikasi pada sektor kamera depannya. Sensor beresolusi 8MP miliknya telah ditukar dengan sensor 20MP. Kamera ini pun sanggup merekam video 1080p pada 30fps. Konsumen pun bisa menikmati fitur AR Emoji sebagai salah satu cara unik dalam mengolah eksistensi dengan menciptakan stiker berbasis diri.

Prosesor dan Memori

Tersemat sebagai jantung mesinnya adalah Exynos 9611. Chip mid-range Samsung terpopuler ini menyodorkan performa yang lumayan di kelasnya. Exynos 9611 terkonfigurasi atas 4x Cortex-A73 yang ditugaskan untuk menangani komputasi berat dan 4x Cortex-A53 yang akan aktif saat perangkat mengerjakan tugas yang relatif lebih ringan dan dapat menghemat daya.

Samsung Galaxy M21 tersedia dalam varian RAM 4GB dan 6GB serta storage internal berukuran 64GB dan 128GB (UFS 2.1). Pengguna juga diberi opsi untuk memperluas memori ini lewat slot microSD yang mendukung kapasitas sampai 512GB.

Baterai dan Fitur Lainnya

Meskipun sektor display maupun kameranya juara, tapi jualan utama ponsel ini adalah baterainya. Tahun ini mungkin sudah muncul berbagai ponsel dari lintas segmen yang tawarkan baterai 5.000 mAh, tapi tidak dengan kapasitas 6.000 mAh. Dan Galaxy M21 adalah satu dari segelintir produk yang punya baterai jumbo ini. Kegiatan yang menuntut energi berlebih seperti bermain game HD atau menonton video full HD kini dapat dinikmati dalam periode yang lebih panjang. Samsung juga menyematkan teknologi isi ulang cepat sebesar 15 watt.

Tak berlebihan jika kami menyebut Samsung Galaxy M21 sebagai sebuah ponsel multimedia. Pasalnya, perangkat ini sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 yang memungkinkan pengguna untuk memutar konten berformat HD pada berbagai aplikasi video on-demand. Makin lengkap dengan dukungan Dolby Atmos yang dapat Anda aktifkan saat menggunakan earphone.

Sistem Operasi dan Konektivitas

Galaxy M21 secara default telah menjalankan sistem operasi Android 10 yang dipadukan dengan antarmuka One UI 2.0. Konektivitas ponsel ini di antaranya telah mendukung 4G LTE, Wi-Fi 802.11 dual-band, Bluetooth 5.0, jack audio 3,5 mm, USB Type-C, Gyro Sensor, hingga Accelerometer. Selain PIN dan pola titik, Anda dapat mengamankan ponsel ini dengan Face Unlock atau Fingerprint Scanner yang terdapat di bagian belakang perangkat.

Harga dan Tanggal Rilis di Indonesia

Samsung India menjual Galaxy M21 dengan harga mulai dari INR 12.999 (sekitar Rp 2,7 jutaan). Perangkat yang tersedia dalam warna Midnight Blue dan Raven Black ini akan mulai dijual pada tanggal 23 Maret via Amazon. Kami memprediksi Galaxy M21 akan segera tiba di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Kelebihan

  • Baterai 6.000 mAh tahan sepanjang hari meski ponsel digunakan terus-menerus
  • Panelnya kini sudah beralih menjadi Super AMOLED
  • Performa lebih terdongkrak dengan Exynos 9611
  • Sertifikasi Widevine L1 dan dukungan Dolby Atmos

Kekurangan

  • Fast charging terlalu rendah untuk baterai sebesar itu, cuma 15W
  • Belum kompatibel dengan sistem NFC

Secara Keseluruhan

Samsung Galaxy M21: Official Launch Film

Samsung mungkin paham bahwa Galaxy M20 adalah salah satu perangkat yang banyak diburu oleh konsumennya. Maka dari itu, penerusnya kali ini, Galaxy M21, mendapat improvisasi jeroan yang sangat total. Samsung Indonesia belum melempar kisi-kisi terkait ponsel ini, tapi kami yakin, cuma soal waktu hingga Harga Samsung Galaxy M21 resmi mendarat di Tanah Air.

Bandingkan semua produk dalam artikel ini

Samsung Galaxy M21 Samsung Galaxy M20
Harga Termurah Rp 1.675.000
OS ver Android 10.0; One UI 2 Android 8.1 (Oreo); Experience v9.5
Kecepatan CPU 4x 2.3GHz Cortex-A73 & 4x 1.7GHz Cortex-A53 4x 1.8GHz Kryo 260 Gold & 4x 1.8GHz Kryo 260 Silver
Storage 64GB, 128GB 32GB
RAM 4GB, 6GB 3GB
Ukuran Layar 6.4 inches 6.3 inches
Resolusi FHD 1080 x 2340 pixels FHD+ 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
Kamera Utama 48MP + 8MP + 5MP 13MP + 5MP
Tanggal rilis Mar 2020 Feb 2019

You May Also Like

About the Author: Sumail Luvier

Hai namaku sumail luvier, hobiku ngblog dan membaca di internet, jadi saya membagikan informasi ini berdasarkan sumber yang ada di internet ya kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *